Pages - Menu

Saturday, July 7, 2012

Sup Krim Jagung

Dulu pas waktu zaman aku masih SMP sempat di ajak temen-temen ke Pondok Zalfa (PZ) yang di Jl. Panday deket daerah Graha Insun Medal. Terakhir pulang ke kampung halaman eh ternyata PZ udah tutup, mungkin sudah pindah tempat.
Salah satu menu yang aku suka disana adalah Sup Krim Jagung. Rasanya itu melty dilidah, wangi jagungnya khas, kalau ditambah merica sedikit yummy bikin tambah hangat. Kebetulan selain suka kuliner, aku juga suka masak dirumah. Mamah aku ngajarin kalau perempuan itu wajib bisa masak.
Setelah dari PZ, beberapa hari selanjutnya aku coba bikin Sup Krim Jagung itu dirumah. Masih amatiran tapi rasanya sudah mendekati rasa yang ada di PZ loh. Ini berarti bahwa sup ini sangat mudah untuk dibuatnya.
Kita coba buat yuk, aku bagikan resep ala Chef Santi. Selamat mencoba !

Bahan :
- 1 kaleng (260 gram) jagung manis, tiriskan dan dihaluskan
- 4 sdm tepung terigu 
- 2 sdm mentega tawar
- 1 1/2 sdt
- 500 ml kaldu ayam 
- 1/2 sdt merica bubuk / sesuai selera
- 200 ml cooking cream 

Cara membuat: 
- Panaskan mentega. Masukkan tepung terigu. Aduk sampai bergumpal.
- Masukkan kaldu ayam sedikit-sedikit sambil diaduk sampai licin.
- Tambahkan garam dan merica bubuk. Aduk rata. Masukkan jagung blender dan cooking cream. Masak sampai matang.

 Untuk 4 porsi

Dulu saya tidak menggunakan blender untuk menbuat jagungnya menjadi bubur, tapi dengan cara menggunakan parut. Nah bedanya kalau menggunakan parut berarti jagungnya masih nempel di tongkolnya. Hasilnya pun kalau di blender dengan di parut itu beda, lebih halus diblender. Tapi kalau temen-temen lebih suka ada yang krenyes-krenyes nya lebih baik diparut saja. 

Untuk gambarnya nanti saya posting ulang. Selamat mencoba ^_^b

2 comments:

  1. wahhh ngiler juga nihh kalau udah jadi,heheh
    Kunjungan blogwalking.
    Sukses selalu..
    kembali tak lupa mengundang juga rekan blogger
    Kumpul di Lounge Event Blogger "Tempat Makan Favorit"

    Salam Bahagia

    ReplyDelete
  2. Hai, terimakasih sudah berkunjung.
    Selamat mencoba yaa..

    :D

    ReplyDelete